SBMPTBR Ujian Bersama UNEJ & PTS Se-Besuki Raya

Penerimaan Maba tahun ini berbeda dengan tahun lalu, sekarang selain penerimaaan Maba secara reguler di UNILU, juga sudah tergabung dengan program baru yaitu Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya atau disingkat SBMPTBR.

SBMPTBR merupakan pola seleksi mandiri Universitas Jember yang dilakukan bersama beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Besuki Raya yaitu wilayah Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Lumajang dan Probolinggo melalui Ujian Tertulis yang dilaksanakan secara serentak.

SBMPTBR merupakan implementasi kerjasama Forum Silaturahhim PTN-PTS Se-Besuki Raya. hal ini dalam rangka memberikan akses pendidikan bagi lulusan pendidikan menengah dan sederajat untuk mencapai pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini bermaksud untuk memberikan peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu Perguruan Tinggi lintas Kabupaten dalam Wilayah eks karesidenan Besuki

SBMPTBR bisa diikuti oleh lulusan SMA/SMK se- Indonesia yang lulus 3 tahun terakhir yaitu 2015, 2014, 2013, sedangkan untuk lulusan sebelum tahun 2013 tetap bisa memilih selain Universitas Jember.

Ada sebanyak 19 (sembilan belas) Perguruan Tinggi yang ikut dalam SBMPTBR calon mahasiswa yang pendaftarannya dilakukan secara online dari tanggal 18 Mei 2015 pukul 09.00 WIB sampai dengan 12 Juni 2015 pukul 23.59 WIB

Biaya pendaftaran SBMPTBR Tahun 2015 sebesar Rp. 300.000,- yang dibayarkan ke Bank Mandiri untuk kelompok SAINTEK atau kelompok SOSHUM dengan menggunakan Nomor HandPhone GSM 12 sebagai Nomor Identitas.

Calon peserta akan mendapatkan Nomor Registrasi (Nomor HP) sebagai user name dan PIN sebagaipasword yang digunakan dalam pendaftaran secara online melalui laman http://sbmptbr.unej.ac.id/. Peserta jugs harus menyiapkan file Pas foto formal berwarna dengan ukuran maksimal 100 KB.

“Bagi yang mempunyai talenta di bidang Akademik, Seni, Olahraga dan Hafal Kitab Suci Agama yang diakui di Republik Indonesia dapat dilengkapi dengan bukti scan Sertifikat dengan besar file maksimal 500 KB”

SBMPTBR hanya memiliki dua kelompok ujian, yaitu kelompok SAINTEK dan SOSHUM. Pilihan program studi untuk jalur SBMPTBR tidak harus sesuai dengan jurusannya di Pendidikan Menengah. Pendaftar kelompok ujian SAINTEK atau SOSHUM dapat memilih sebanyak-banyaknya 4 (empat) program studi dari 3 (tiga) Perguruan Tinggi dan 1 (satu) Perguruan Tinggi maksimal 2 (dua) Program Studi. (Mj)

Untuk info lebih lanjut silahkan kil di sini, dan untuk mendaftar silahkan klik di sini

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.